VPS Gratis dari Google Cloud Platform

Google Cloud Platform atau biasa disebut GCP menawarkan akses gratis selama 12 bulan dengan nilai saldo $300. Saldo tersebut akan hangus jika tidak dipakai setelah 12 bulan sejak pendaftaran / aktivasi akun GCP.

Namun ternyata GCP juga menyediakan layanan yang tetap gratis meskipun kita sudah melampaui batas trial (bisa dilihat di sini). Beberapa layanan memang memiliki free tier atau versi gratisnya, dengan beberapa batasan tentunya, antara lain Google Cloud Run, Google Cloud Function dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu ternyata ada layanan Google Compute Engine yang gratis juga setelah masa trial habis. Google Compute Engine atau lebih familiar dikenal sebagai Virtual Private Server (VPS) tergolong memiliki harga yang lumayan mahal apabila dibandingkan dengan DigitalOcean atau penyedia jasa server lain, namun dengan versi gratis ini bisa kita manfaatkan untuk eksperimen atau digunakan sebagai server development.

Untuk membuat VPS gratis di Google Compute Engine, harus memenuhi syarat syarat berikut ini:

  1. 1 instance e2-micro per bulan
  2. Region: us-west-1, us-central-1, us-east-1
  3. 30 GB-months standard persistent disk
  4. 1 GB network egrees

Secara default, untuk point no 3 bukanlah standard presistend disk, jadi kita harus mengubah menjadi standard presistent disk untuk memenuhi syarat gratisan. Untuk menggantinya, kita ubah Boot disk saat melakukan pembuatan instance (lihat gambar di bawah).

Ubah ke standard dan ubah sizenya ke 30 (atau bisa dibawah 30)

Ubah ke Standard

Saya sudah mencoba lebih dari 1 bulan dan ternyata memang tidak ada history tagihan pembayaran di akun saya.

Untuk saat ini server uji coba saya masih iddle, dan belum saya gunakan. Rencananya memang hanya untuk development server atau bisa digunakan server bot telegram nantinya.